Montag, November 01, 2004

Sensitive

Ceritanya, tadi siang sekitar jam 12.30 mama lagi siapin sayuran buat masak. Nah, Aiko mama bujuk nonton tipi, karena pas acaranya anak-anak. Kebetulan Prosieben lagi muterin film tentang anjing, jadi si Aiko bisa duduk tenang sambil teriak-teriak ngasih komen tentang anjing di film tersebut.

Mama masih juga sibuk nyiapian sayur dan bumbu-bumbunya, sekalian nyuci piring. Nggak lama lagi, mama kaget ngedengerin suara nangisnya Aiko.

Mama : "Aiko ada apa? Kok tiba-tiba nangis?"
Aiko : "Itu.. tuh guk guk..."
Mama : "Iyah kenapa ama guk-guknya?"

Aiko nyamperin mama sambil meluk minta digendong, wahhh.... gawat deh, bisa gak jadi masak nih. Mama bujukin Aiko lagi, supaya dia mau nonton lagi. Emang sih dia nonton lagi, tapi tiba-tiba mama denger suara tangis Aiko lagi.
Mama : "Aiko ada apa lagi? Kok nangis lagi? Ayo bilang, kenapa...."
Aiko : "Itu ma.. guk guk..." sambil nunjukin kalo anjingnya dipukul ama orang.
Mama : "Oh iyah, jahat yah orangnya.... yah udah, Aiko nonton aja lagi, jangan nangis lagi yah."

Mama liat Aiko udah manteng lagi di depan tipi, eh gak berapa lama.. nangis lagi weleh weleh... Akhirnya, mama gendong Aiko terus ditaruh di kursi, terus mama sambil nyiapin panci buat masak. Eh, ternyata Aiko masih juga ngintip-ngintip nonton film anjing itu.

Dari kejadian ini, mama jadi tau.. kalo Aiko itu anak yang sensitive dan sayang banget ama anjing, emang jalan ceritanya agak 'sedih'. Cuma yang mama bingung, Aiko khan baru umur 1 thn 10 bulan, tapi dia udah tau dan bisa ngerasain kalo film itu emang sedih. Hmm... untung, filmnya gak ada adegan panasnya, ngeri aja kalo Aiko yang masih kecil udah ngerti film gituan.

Jadi.... intinya kita sedini mungkin harus mengontrol acara tipi yang anak-anak tonton. Karena salah besar kalo anak kecil gak ngerti film yang ditontonnya.